Kurikulum

Struktur mata kuliah yang ada pada jenjang S1 Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Singaperbangsa Karawang.

Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Lihat dibawah untuk daftar mata kuliah
Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai Makna, Tujuan, dan Metodologi Memahami Agama yang dianutnya; Manusia, Agama, dan Sumber Ajaran Agama yang dianutnya.
Mata Kuliah ini meliputi Statistik Deskriptif, Penyajian data sampel secara numerik, diagram batang dan daun. Distribusi, ekspektasi (nilai harapan) dan variansi, Distribusi binomial, poisson, normal, X2, t, F, Distribusi rata-rata sampel, Interferensi statistika: uji hipotesis, dsb.
Mata kuliah ini membahas konsep landasan dan landasan pendidikan, konsep manusia, konsep pendidikan, landasan filosofis pendidikan, landasan psikologis pendidikan, landasan sosiologis dan atrofologis pendidikan, pendidikan, landasan historis pendidikan, dan landasan yuridis pendidikan.
Mata kuliah ini merupakan bentuk antisipasi kebutuhan Guru Matematika yang mampu mengelola pembelajaran matematika dalam bahassa inggris untuk tingkat SMP dan SMA. Materi meliputi pengembangan dan penggunaan perangkat pembelajaran berbahasa inggris.
Mata kuliah ini membahas induksi matematika, algoritma pembagian, pembagi bersama terbesar, algoritma Euclid, persamaan Diophantine, teorema dasar aritmatik, saringan Erasthothenes, kekonruenan modulo m, polinom bilangan bulat, sistem residu modulo m, kekonruenan linear, teorema sisa, fungsi fi-Euler, kekonruenan tingkat tinggi.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar filsafat dan filsafat pendidikan, tiga landasan utama filsafat pendidikan, landasan filsafati pendidikan Indonesia, ajaran/mazhab filsafat pendidikan dan para pemikir pendidikan, serta refleksi filsafat pendidikan yang relevan bagi Indonesia.
Mata kuliah ini membahas sistem numerisasi, matematika Babilonia dan Mesir; matematika Pythagoras; duplikasi triseksi, dan kuadratur Euclid dan karyanya (the elements); matematika yunani setelah Euclid; matematika india, Cina dan Arab; perkembangan geometri analitik dan pra kalkulus; kalkulus dan konsep-konsep yang terkait; dan beberapa perkembangan awal matematika modern serta masa transisi abad 20.
Mata kuliah ini meliputi pokok-pokok bahasan dalam matematika Sekolah Menengah Pertama yang esensial serta berbagai pilihan model untuk mengajarkannya. Materi perkuliahan ini membahas himpunan, bilangan bulat dan operasinya, bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah, serta pembahasan lain yang ditujukan untuk matematika Sekolah Menengah Pertama
Mata Kuliah ini membahas materi-materi mengenai Arti, Fungsi dan Ragam Bahasa; Ejaan; Kutipan, Catatan Kaki, dan Bibliografi; Diksi; Kelas Kata, Frasa, dan Klausa; Kalimat Efektif; Paragraf; Penalaran Karangan; Penulisan Karangan; dan Konvensi Naskah dan Penyuntingan.
Mata kuliah ini membahas tentang geometri pada bidang dan ruang, dsb.
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar mengenai limit dan turunan serta penggunaannya, termasuk limit dan turunan fungsi khusus.
Mata Kuliah ini membahas fungsi kuadrat, pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan dan pertidak samaan, fungsi persamaan dan pertidaksamaan eksponen, fungsi persamaan dan pertidaksamaan logaritma, trigonometri, barisan dan deret serta anuitas, aturan horner, fungsi dan komposisi impers, matrik, limit, turunan, integral, dan teorema fundamental kalkulus.
Mata kuliah ini mengkaji tentang Konsep Dasar Kurikulum, Teori, Komponen dan Desain Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Implementasi Kurikulum, Pemantauan dan Penilaian Kurikulum, Merencanakan Pembelajaran, Memilih dan Menyusun Materi Pembelajaran.
Mata Kuliah ini membahas pengertian media pembelajaran, peran dan fungi media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, perencanaan dan pemilihan media pembelajaran, teknik produksi media-media pembelajaran, teknik penyajian media pembelajaran, dan evaluasi media pembelajaran, yang dikhususkan pada pembelajaran matematika. Bahasan-bahasan dilengkapi dengan praktikum pembuatan desain dan produksi beberapa jenis media yang cocok dengan karakteristik siswa.
Mata kuliah ini membahas tentang transformasi pada bidang geometri euclid, yang terdiri dari konsep geometri euclid, fungsi, pengertian transformasi, pencerminan, isometri, hasilkali transformasi, transformasi balikan, translasi, rotasi, refleksi geser, dan transformasi kesebangunan.
Mata kuliah ini membahas konsep aljabar linier, sistem persamaan linear, vektor, vektor secara geometrik, norm suatu vektor, hasil kali titik, hasil kali silang, garis dan bidang dalam ruang berdimensi 3, ruang vektor umum, sub ruang vektor, basis, ruang baris dan ruang kolom serta operasi, jenis, dan invers dari suatu matriks, sistem persamaan linear, operasi baris elementer, matriks eselon baris tereduksi, matriks elementer, metode menentukan invers, determinan dan sifat-sifatnya, ekspansi kofaktor, hubungan determinan.
Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan pembahasan mengenai integral taktentu, integral tentu, teorema dasar integral, fungsi transenden, integral bentuk tak tentu dan integral tak wajar, serta penerapannya dalam berbagai masalah.
Mata Kuliah ini membahas tentang materi yang telah dipelajari mahasiswa dibangku sekolah namun tidak ada matakuliahnya di dunia perkuliahan. Mata Kuliah ini hanya mengingat kembali materi-materi yang lalu namun ada beberapa penambahan yang lebih sulit tingkatannya.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep struktur aljabar mengenai operasi pada himpunan, fungsi, grupoida, semigrup dan monoid, grup, grup abelian, koset, grup siklik, grup permutasi, homomorfisma grup, subgrup, subgrub normal, teorema lagrange, grup faktor.
Mata kuliah ini mempelajari tentang hakekat matematika dan pentingnya matematika diajarkan di sekolah, teori belajar dan pembelajaran matematika, pengelolaan kelas, hambatan belajar dalam pembelajaran matematika, bahan ajar, media pembelajaran, serta model, pendekatan, metode teknik dan strategi pembelajaran sehingga menjadi bekal kepada mahasiswa calon guru matematika agar memiliki pengetahuan pengalaman kemampuan dan ketampilan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang efektif
Mata kuliah ini membahas tentang pembuatan model permasalahan program linear, berbagai metode penyelesaian program linear yang terdiri dari metode simpleks, simpleks yang direvisi, dualitas, serta analisis sensitivitas yang dapat digunakan untuk membantu mahasiswa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan- permasalahan mengenai optimasi, baik dalam bidang ekonomi, industri, pertanian, dan masih banyak lagi bidang lainnya.
Mata Kuliah ini mencakup tentang pendahuluan fungsi dari dua atau tiga peubah, grafik, garis bentuk peta kontur, limit fungsi dua atau tiga peubah, turunan parsial fungsi dua atau tiga peubah, turunan parsial lebih dari tiga peubah, diferensial total dan turunan total, aplikasi turunan parsial, aturan rantai, diferensial implisit, turunan berarah dan gradien vektor, nilai maksimum dan minimum, pengali Lagrange, integral dalam Rn, Integral lipat dua dan lipat tiga, Integral garis dan integral permukaan.
Mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep bilangan real, barisan bilangan real, limit barisan, kekontinuan, dan keterdiferensialan. Mata kuliah ini melatih mahasiswa untuk berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam membuktikan pernyataan matematika secara formal
Penyajian materi dalam mata kuliah ini tidak berpusat pada dosen dengan komunikasi satu arah dari dosen ke mahasiswa, akan tetapi lebih banyak berdiskusi melalui sajian mahasiswa secara berkelompok atau individual. Dengan pola tersebut mahasiswa dituntut untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar secara optimal, melalui perpustakaan (buku, internet), kunjungan ke sekolah (guru, observasi kelas), atau dosen.
Mata Kuliah ini membahas tentang dasar-dasar penelitian, pendekatan penelitian, metode peneletian, penelitian eksperimental, korelasioanal, kausal komparatif, survey, analisis konten, kualitatif, historis, penulisan proposal, perencanaan penelitian dari membuat proposal sampai dengan laporan, yang mengkaji masalah, etika variable dan hipotesis, kajian kepustakaan, sampling, instrument, validitas dan relabilitas, statistik inferensia, validitas internal.
Mata kuliah ini membahas fungsi trigonometri, identitas trigonometri, dalil de Moivre, persamaan dan pertidaksamaan trigonometri, kedudukan titik, garis, bidang dalam ruang, menggambar bangun ruang, proyeksi titik dan garis dalam bidang, garis tegak lurus bidang, sudut antar dua bidang, vektor di ruang 2, vektor di ruang 3 dan operasinya, perkalian titik dari dua vektor, aplikasi vektor pada geometri, limit dan turunan serta aplikasi turunan, integral, konsep jumlah Rieman, integral tentu, integral parsial, irisan kerucut.
Mata kuliah ini membahas (1)pengertian galat: definisi, sumber serta contoh suatu galat, perambatan dari galat dan penjumlahan. (2)Mencari akar: metode belah dua, metode newton, dan metode secant. (3)Interpolasi: interpolasi polinomial, galat pada interpolinomial, dan interpolasi dengan menggunakan fungsi spline.
Mata kuliah ini membahas tentang permasalah yang berkaitan dengan hakikat matematika, kurikulum matematika sekolah menengah, pandangan kontruktivise, pilar pendidikan UNESCO, berbagai pendekatan dan evaluasi pembelajran matematika, serta masalah matematika di sekolah.
Mata kuliah ini membahas tentang pengenalan persamaan differensial biasa ordo satu beserta solusi umumdan solusi khusus, penyelesaian persamaan differensial ordo satu, liniear homogen, liniear ordo dua tak homogen dan penerapan persamaan diferensial
Mata kuliah ini membahas tentang: (1)pengertian ruang sampel (sample space), peristiwa (event), titik sampel (sample point), dan gugus kuasa dari peristiwa; (2)Konsep dasar peluang. (3)perkembangan paradigma peluang mulai model Cardano, model von-Mises, dan aksioma Kolmogorov; (3)Konsep nilai harapan dan fungsi pembangkit momen; (4)Beberapa model peluang diskret penting yang meliputi Bernoulli, Poisson, binomial, eksponesial, dan hipergeometrik. (5)Beberapa model peluang kontinu penting yang meliputi normal (Gaussian), normal baku (Z), khai-kuadrat (χ^2),t-student, dan F.
Mata kuliah ini membahas mengenai paradigma baru adalam pembelajran matematika, Model-model pembelajaran yang inovatif, pendekatan kontekstual, kontruktivis, dan Pendekatan Matematika Realistik Indinesia, perangkat pembelajaran: program tahunan, program semester,silabus, RPP, LKS, bahan ajar, media pembelajaran, dan penilaian.
Mata kuliah ini membahas berbagai metode perhitungan, pemodelan masalah relasi berulang dan penyelesaiannya, fungsi pembangkit, prinsip sangkar burung merpati beserta aplikasinya, prinsip inklusi dan ekslusi beserta aplikasinya, serta bujur sangkar latin.
Mata kuliah ini membahas tentang Hipotesis Penelitian, macam-macam Hipotesis dan pengujian Hipotesis, instrument soal dan pengukurannya, Uji Parametrik dan non parametric Perbedaan Dua rata-rata dan pengukurannya, penelitian kualitatif, analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, pengolahan dan analisis data angket, serta pengolahan dan analisis data pedoman wawancara dan lembar observasi.
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai bahasa program komputer, sehingga mereka mampu untuk membuat dana mengoperasikan program komputer untuk menyelesaikan persoalan dalam berbagai bidang matematika.
Kuliah Kerja Nyata
Mata kuliah ini membahas sistem bilangan kompleks, fungsi peubah kompleks, diferensial dan integral fungsi kompleks, aplikasi diferensial dan integral pada fungsi kompleks.
Mata kuliah ini membahas macam analisis uji dengan program SPSS untuk membantu menyelesaikan pengolahan data statistika dalam penelitian yang biasanya dilakukan dengan perhitungan manual. Adapun isi materinya yaitu jenis-jenis statistika dan pengenalan software SPSS, Jenis-jenis data (kuantitatif dan kualitatif), model statistika deskriptif (kuantitatif diubah ke kualitatif), uji normalitas, analisis deskriminan (metode fisheres, pembuatan grafik.
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat menyeminarkan proposal penelitian yang akan dijadikan proposal tugas akhir.
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan menyusun karya tulis ilmiah berupa skripsi dalam bidang pengajaran matematika. Tahapan yang dilalui yaitu menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan penelitian. Tahapan tersebut didampingi oleh dua orang dosen pembimbing.